Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet


Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet – Fitur fingerprint didesain sebagai perangkat keamanan yang tepat. Smartphone hanya mampu diakses dengan sidik jarinya sendiri.

Meskipun adalah salah satu layanan paling canggih untuk keamanan ketika ini, kamu mesti tetap memperhatikan perawatan fitur tersebut.

Fingerprint sensor yang umumnya ada di belakang physique smartphone ini juga memerlukan perawatan agar sensornya tetap terjaga. Pasalnya kerusakan sensor akan menyebabkan fingerprint tidak mampu digunakan lagi.

Perawatan fitur fingerprint pun cukup mudah. yang paling penting ialah tidak menggores bagian sensornya. Ukiran yang terus dialami ponsel akan membuat peforma sensor menurun. Kalau terus menerus terjadi maka fingerprint akan rusak secara permanen.

Agar ponsel dan sistem keamanan tersebut tetap terjaga, kamu perlu tahu bagaimana cara merawatnya dan apa saja yang perlu dihindari dalam penggunaan sensor tersebut. Di bawah ini akan diulas apa saja hal yang mesti dihindari agar fingerprint tetap awet.

Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Awet

Hal Yang Harus Dihindari Agar Fingerprint Smartphone Tetap Awet

1. Mendaftarkan jari terlalu banyak

Keunggulan sensor pengaman satu ini ialah mampu mendaftarkan lebih dari satu jari sebagai kunci untuk mengaksesnya. Namun agar fingerprint tetap awet, jangan daftarkan jari dalam jumlah banyak.

Maksimal dua jari saja untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan. Hal ini bertujuan agar sensor tidak menampung information terlalu banyak namun akhirnya tidak berkhasiat.

2. Memakai jari basah

Pastikan saat akan mengakses fingerprint sensor, kondisi jari tangan kamu dalam keadaan kering. Perangkat elektronik sebagian besar memang tidak toleran dengan air.

Meskipun smartphone kamu hadir dengan fitur tahan air, namun sebaiknya tetap gunakan sensor sidik jari ini dalam kondisi tangan kering. Hal ini bertujuan agar sensor tetap awet sebab kinerjanya tidak terganggu.

3. Memindai bagian tubuh selain jari

Untuk mencegah kerusakan pada sensor, sebaiknya tetap gunakan jari kamu untuk membuka sensor tersebut. Memang sensor sidik jari ini tetap mampu digunakan di bagian tubuh lain selama bagian tersebut masih dilapisi oleh kulit.

Namun demi fungsinya tetap berjalan secara regular, ada baiknya tetap gunakan jari sebagai kunci pemindainya.

4. Menggores fingerprint scanner

Ukiran sedikit saja mampu mengakibatkan gagal fungsi pada sensor sidik jari tersebut. Kalau fitur tersebut sudah rusak maka ponsel sudah tidak mampu digunakan lagi.

Oleh karena itu perhatikan bagaimana kamu menyimpan smartphone agar tidak mudah terkena gores. Selain itu pastikan kuku kamu tidak terlalu panjang agar tidak melukai sensor tersebut.

5. Menggunakan fingerprint di bawah guyuran hujan

Meskipun smartphone kamu tahan air, namun sebaiknya jangan gunakan fitur tersebut di bawah guyuran hujan. Air hujan mampu masuk melalui celah fingerprint dan menyebabkan kerusakan para pada sensor tersebut.

Jadi pastikan pengoperasian smartphone tetap dalam kondisi kering untuk menjaga keawetan fungsinya.

Baca juga:

Itu dia beberapa hal yang mesti kamu hindari demi menjaga keawetan sensor fingerprint pada smartphone anda. semoga bermanfaat.



Leave a Reply

%d bloggers like this: